Ternyata Ini Lho, 1 Alasan Kenapa Kita Selalu Punya Presepsi yang Berbeda Ketika Melihat Ilusi Optik

Pernah bertanya-tanya gak sih, kenapa kita selalu punya presepsi berbeda ketika menatap sebuah gambar ilusi optik? Hmm… ternyata hal ini ada alasannya lho, girls. Biar lebih paham, coba deh kalian perhatikan video ilusi optik di bawah ini.

ん~、まあまあかな。 pic.twitter.com/fRtRlS5ozv

— Akiyoshi Kitaoka (@AkiyoshiKitaoka) August 18, 2018

Menurut kalian kotak yang bergerak tersebut berubah warna atau nggak? Kalau iya, berarti kalian tertipu ilusi optik. Padahal kalau diperhatikan lagi, sebetulnya warna kotak yang bergerak itu gak berubah warna, lho.

Kok bisa? Ternyata ini merupakan salah satu ilusi optik yang termasuk dalam kategori lightness ilussion, girls. Seperti yang dilansir dari Modernnet, gambar tersebut adalah hasil karya dari seorang ahli psikologi bernama Akiyoshi Kitaoka, yang juga seorang profesor di Kyoto Riskumetkan University.

Salah satu tipe dari sekian Lightness ilussion yang sering terjadi adalah Checker Shadow Ilussion.

Apa sih Checker Shadow Ilussion itu? Ilusi tersebut adalah adanya hubungan antara apa yang kita lihat dengan otak yang memproses informasi tentang hal tersebut. Perlu diingat, kalau setiap mata ketika melihat suatu objek akan melihat cahaya dengan level yang berbeda dan dipenuhi dengan berbagai informasi.

Baca Juga:  Video Mengharukan, Pria Ini Pura-pura Jadi Pasien dan Lamar Kekasihnya

Informasinya tersebut adalah reflectance (seperti apa bentuk permukaan), lightness (gimana mata kita menerima reflectance tersebut), brightness (seberapa banyak cahaya yang bisa kita tangkap) dan luminace (banyaknya cahaya yang kita tangkap sesuai dengan sistem visual).

The hair and clothes in the left image appear to be whitish whereas those in the right one appear to be blackish, though they are the same stripes of white and black. pic.twitter.com/fquLs3rQX8

— Akiyoshi Kitaoka (@AkiyoshiKitaoka) August 18, 2018

Pengalaman melihat objek di masa lalu akan mempengaruhi daya lihat seseorang

Ketika mata kita menatap objek, maka 4 informasi tersebut akan mempengaruhi otak kita mana yang seharusnya kita terima mana yang tidak. Kaya contoh gambar diatas yang mempunyai ilusi 2D, mungkin aja kamu sulit menebak gambar apa karena otak kamu udah terbiasa melihat gambar 3D sebelumnya. Maka dari itulah, gak heran kalau setiap orang akan mempunyai pendapat berbeda karena memiliki pengalaman dan daya tangkap visual yang berbeda.

There appear to be bluish spirals and greenish ones, though they are the same color. pic.twitter.com/b1oeioojhc

— Akiyoshi Kitaoka (@AkiyoshiKitaoka) August 21, 2018

Ternyata otak dan pengalaman sangat mempengaruhi kita buat melihat ilusi optik ini. Hmm… kira-kira kamu termasuk orang yang mana, mudah menebak objek atau gak nih?

Baca Juga:  Kisah Pilu Adit, Pesepakbola Cilik Asal Lampung yang Lolos dari Tsunami Banten dan Lampung, Namun Kini Harus Hidup Sebat...

Bukan Kenangan, Ini Kandungan Asli Gas Air Mata yang Bikin Perih
Bukan Kenangan, Ini Kandungan Asli Gas Air Mata yang Bikin Perih
Guyonan netizen dalam menanggapi aksi 22 Mei
Kisah sedih Usma, kiosnya ludes dijarah para perusuh Aksi 22 Mei
Kisah sedih Usma, kiosnya ludes dijarah para perusuh Aksi 22 Mei
Selain rugi finansial, Usma juga rugi kenangan
Must read×

Top