Sudah 14 Gempa Susulan di Situbondo

In Umum 21 views
Ilustrasi gempa Situbondo
Ilustrasi gempa Situbondo

VIVA – Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 skala richter yang telah mengguncang Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pukul 01.44 WIB, Kamis, 11 Oktober 2018.

Deputi Bidang Geofisika Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika, Muhamad Sadly, mengatakan dari monitoring BMKG, ada 14 aktivitas gempa bumi susulan (after shock) pasca kejadian tersebut.

Ia merinci gempa bumi susulan yang paling kuat itu terjadi pukul 02.22 WIB dengan kekuatan gempa 3,5 SR, pukul 03.13 WIB gempa bumi kekuatan 2,4 SR.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Muhammad Sadly dalam keterangannya di Jakarta.

Sadly menambahkan, gempa bumi 6,4 SR dirasakan di Pulau Madura, Jawa Timur, dan Bali. Di Pulau Sapudidan Kalianget Kabupaten Sumenep, guncangan gempa dirasakan dalam skala insentitas IV-VMMI.

Baca Juga:  Eks Koruptor 'Nyaleg', KPK Tengok Opsi Cabut Hak Politik

Di Situbondo, Banyuwangi, dan Jemberana Bali Barat, gempa dirasakan skala intensitas III-IVMMI. Sedangkan, di Denpasar, Kuta, dan Nusa Dua dirasakan dalam skala intensitas IIIMMI.

Selain itu, gempa bumi dilaporkan menimbulkan korban jiwa tiga orang meninggal dunia, di Dusun Jambusok Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya. (ase)

16 Jam mengungkap kasus peluru nyasar di gedung DPR
16 Jam mengungkap kasus peluru nyasar di gedung DPR
16 Jam mengungkap kasus peluru nyasar di
KPK Tahan Bupati Bekasi Neneng Hasanah
KPK Tahan Bupati Bekasi Neneng Hasanah
Tersangka selaku Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin
Polisi: Penembak Gedung DPR Belum Jadi Anggota Perbakin
Polisi: Penembak Gedung DPR Belum Jadi Anggota Perbakin
Polisi tetapkan dua tersangka terkait kasus penembakan
Must read×

Top