Siapa ML, Suplai Kokain Richard Muljadi Terbongkar di Pengadilan

In Umum 188 views
Richard Muljadi. Foto: Instagram.com/richardmuljadi
Richard Muljadi. Foto: Instagram.com/richardmuljadi

TEMPO.CO, Jakarta – Penyidikan perkara narkoba Richard Muljadi masih menyisakan pertanyaan besar tentang siapa pengedar kokain untuknya. Polisi pernah menyebut seseorang dengan inisial ML menurut keterangan Richard Muljadi namun hingga hari ini tidak ada yang ditangkap.

Sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengungkap siapa ML yang dimaksud. Ini seperti yang dituturkan Gatot Sunaryo, penyidik di Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, yang dihadirkan sebagai saksi oleh jaksa penuntut umum, Selasa 4 Desember 2018.

Di hadapan majelis hakim, Gatot menerangkan bahwa Richard Muljadi berubah-ubah memberikan keterangan. Awalnya, cucu konglomerat itu mengaku mendapat narkoba jenis kokain dari aktor Mike Lewis sebagai hadiah untuk rencana pernikahannya. Namun, keesokan harinya Richard mengubah pernyataannya.

Baca Juga:  3 Fakta Gempa di Palu, Tidak ada Tsunami Susulan hingga Imbauan BMKG

“Dua atau hari berikutnya berubah lagi, katanya barang didapat dari Martinus Lesmana,” kata Gatot.

Tersangka kasus narkoba Richard Muljadi di Gedung Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, pada Selasa, 13 November 2018. Tempo/Adam Prireza

Gatot adalah Perwira di Uni Lapangan Direktorat Narkoba yang menerima limpahan kasus saat Richard Muljadi ditangkan Rabu dinihari, 22 Agustus 2018. Sekitar pukul 01.30 WIB, dia membawa Richard ke dokter untuk menjalani pemeriksaan urine. Tes menunjukkan, Richard positif mengonsumsi kokain dan langsung dibawa ke Polda Metro aya untuk diperiksa.

Malam harinya, polisi menggeledah apartemen Richard. Namun, polisi tak menemukan barang bukti apapun. Rumah Richard di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, ikut digeledah pada hari yang sama sekitar 21.30 WIB. “Tidak dapat apa-apa,” ujar Gatot.

Polisi menangkap Richard Muljadi di toilet sebuah restoran di Mall Pacific Place, kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Dia ditetapkan sebagai tersangka dengan barang bukti iPhone X dan selembar uang kertas 5 Dollar Australia yang terdapat kokain sisa pakai seberat 0,038 gram adalah miliknya.

Baca Juga:  Rangkaian Panjang Penyerahan Takhta Kekaisaran Jepang

Selebaran Halal Bi Halal Akbar 212 di Sekitar MK, Polisi Tak Beri Izin
Selebaran Halal Bi Halal Akbar 212 di Sekitar MK, Polisi Tak Beri Izin
Selebaran Halal Bi Halal Akbar 212. VIVA – Beredar
Kota Sorong Mencekam, Massa Blokir Jalan dan Lakukan Pembakaran
Kota Sorong Mencekam, Massa Blokir Jalan dan Lakukan Pembakaran
Situasi Kota Sorong tepatnya di daerah Sorpus
Menjelang Putusan Sidang MK, Melihat Peluang Menang Kubu Prabowo
Menjelang Putusan Sidang MK, Melihat Peluang Menang Kubu Prabowo
Kuasa hukum Calon Presiden dan Wakil Presiden
Must read×

Top