Ratusan Calon Penumpang AirAsia Ngamuk di Bandara Soekarno-Hatta

In Umum 138 views
Sebuah rangkaian gerbong skytrain melintas di antara Terminal 2 dan Terminal 3 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, 17 September 2017. Untuk sementara kereta ini hanya melayani penumpang dari Terminal 2 menuju Terminal 3 atau sebaliknya. ANTARA/Muhammad Iqbal
Ratusan calon penumpang AirAsia rute Jakarta-Tokyo mengamuk di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu malam ini 30 Juni 2018.

TEMPO.CO, Tangerang -Ratusan calon penumpang AirAsia rute Jakarta-Tokyo mengamuk di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu malam ini 30 Juni 2018.

Mereka menumpahkan kekesalan dan kemarahannya kepada petugas AirAsia di Bandara Soekarno-Hatta karena pesawat yang akan membawa mereka ke Tokyo tidak kunjung terbang setelah 24 jam lebih. “Ini delaynya parah sekali, ” ujar Dedi, salah satu calon penumpang saat dihubungi Tempo malam ini.

Dedi mengatakan sejatinya pesawat AirAsia mereka dijadwalkan terbang pukul 23.00 Jum’at 29 Juni 2018. Tapi, setelah beberapa jam ditunggu mereka tidak juga diterbangkan.

“Awalnya tak ada pemberitahuan sama sekali, tapi setelah beberapa jam kami menanyakan baru pihak AirAsia memberitahukan jika pesawat mengalami kerusakan mesin,” kata Dedi.

Baca Juga:  Video Viral Kolam Renang Berombak, Danlanud Juanda: Bukan Buatan

Calon penumpang lainnya yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kehebohan penumpang terjadi sejak Subuh tadi pagi. Hampir 300 calon penumpang menuntut maskapai memberikan solusi.

“Pilihannya refund atau reroute,” katanya. Opsi Airasia untuk reroute menawarkan lewat Kuala Lumpur atau Bangkok terus lanjut ke Haneda, Narita atau Kansai.”

Tapi masalahnya, kata dia, tidak ada pesawat yang bisa menampung 300 penumpang jika semua pilih opsi reroute. “Contoh kalau lewat Bangkok katanya cuma ada 10 seats, kalau lewat Kuala Lumpur cuma ada puluhan seats dengan jam terbang beda beda demi mengejar pesawat lanjutan ke Jepang,” kata dia.

Tapi karena tidak ada kepastian dapat kursi penumpang menolak reroute. “Opsi refund bisa dilayani.Pilihan reschedule juga dibuka, tapi penumpang kan dah pada punya booking hotel dan tour dan cuti/jadwal masing masing, kami minta AirAsia
ganti pesawat lain tapi itu ditolak.”

Baca Juga:  Identitas Ibu Penampar Petugas SPBU di Bekasi Sudah Diketahui

Akhirnya penumpang diminta menunggu sampai pesawat diperbaiki dan diinapkan di Hotel Aston Pluit. “Kami dijanjiin jam 21.50 WIB malam ini tapi kami di Bandara tetap tidak ada pesawat.”
Hingga berita ini diturunkan, Tempo berusaha menghubungi pihak AirAsia lewat telepon maupun percakapan WA, namun belum berbalas.

Idrus Marham Divonis 3 Tahun Penjara
Idrus Marham Divonis 3 Tahun Penjara
Terdakwa kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1
Sandi Butuh Restu Partai Pendukung Jika Mau Jadi Wagub Lagi
Sandi Butuh Restu Partai Pendukung Jika Mau Jadi Wagub Lagi
Upaya Sandiaga Uno untuk kembali menjadi wakil gubernur
Peretas Instagram Istri Andre Taulany Dipolisikan
Peretas Instagram Istri Andre Taulany Dipolisikan
Jakarta: Komedian Andre Taulany melaporkan peretas akun
Must read×

Top