KPI Akan Awasi Netflix, Konten yang Langgar Aturan Bisa Diblok

In Umum 77 views

Muncul wacana KPI akan mengawasi konten yang ada di layanan digital seperti Facebook, YouTube, dan Netflix. Lebih lanjut lagi, KPI akan mengatur konten apa saja yang ada di layanan tersebut dan jika melanggar bisa dikenakan blokir atau hukuman lainnya. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

KPI Akan Awasi Konten Digital, Termasuk Netflix

Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, menyebutkan KPI akan melakukan pengawasan terhadap konten digital seperti di Netflix, YouTube dan Facebook. Menurutnya, konten tersebut sudah termasuk ke dalam ranah penyiaran. Tujuannya agar konten yang ada di sana memiliki nilai edukasi dan menjauhkan masyarakat dari tontonan berkualitas rendah. Terlebih saat ini semakin banyak masyarakat yang beralih dari media konvensional. Simak penuturan KPI selengkapnya di sini.

Baca Juga:  Ini Bripda Puput yang Diisukan Akan Dinikahi Ahok

KPI Sebut Butuh Payung Hukum untuk Mengatur Konten Digital

Selama ini, KPI fokus pada siaran di televisi dan radio. Namun, saat ini KPI mulai memikirkan untuk memiliki dasar hukum yang mengatur tayangan digital. Lebih jauh lagi, KPI akan melakukan revisi terhadap Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) dalam waktu dekat karena dianggap sudah ketinggalan zaman. Simak penjelasan selengkapnya di sini.

KPI: Hanya Mengawasi, Bukan Menghancurkan Netflix

Yuliandre Darwis, Komisioner KPI Pusat. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Yuliandre Darwis, Komisioner KPI Pusat. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan

Dalam penuturannya, Yuliandre Darwis, Komisioner KPI Pusat, menyebutkan aturan ini tidak akan menghambat atau menghancurkan bisnis platform streaming video. Melainkan hanya memastikan konten yang tersebar layak untuk dikonsumsi. Aturan yang akan ditetapkan KPI ini kurang lebih mirip dengan aturan yang sudah diterapkan untuk TV berlangganan. Baca penuturan selengkapnya di sini.

Baca Juga:  Kisah Pilu Bocah Ramadhan, Jasadnya Ditolak Warga karena Utang Orangtua

Konten Netflix yang Langgar Aturan KPI Bisa Diblokir

YouTube. Foto: PixieMe via Shutterstock
YouTube. Foto: PixieMe via Shutterstock

Lalu, bagaimana jika ada konten yang melanggar aturan KPI? Yuliandre menegaskan akan ada aturan seperti pemberhentian sementara, di-banned, dan lebih jauh lagi akan ada hukuman pidana dan lain sebagainya. Baca penuturan Yuliandre selengkapnya di sini.

Kominfo Dukung Langkah KPI Awasi Netflix dan YouTube

Kemenkominfo mendukung pengawasan yang akan dilakukan KPI terhadap konten Netflix, YouTube, dan sejumlah media digital. Menurut Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu, diperlukan lembaga yang membantu mengawasi konten siaran di Netflix, YouTube, dan media digital lainnya. Hal ini diperlukan jika sewaktu-waktu ada isu atau masalah tertentu dalam konten Netflix dan layanan digital lainnya. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Kisah Nenek Sahnun, Pemulung yang Berkurban Sapi Dapat Hadiah Umrah
Kisah Nenek Sahnun, Pemulung yang Berkurban Sapi Dapat Hadiah Umrah
Sahbun (60), Pemulung yang dikenal gigih menerima
Ahok Bahagia Bertemu Prabowo di Kongres PDI Perjuangan
Ahok Bahagia Bertemu Prabowo di Kongres PDI Perjuangan
KONTAN.CO.ID – BALI.Politisi PDI Perjuangan Basuki Tjahja Purnama
Jawab Megawati soal Menteri, Jokowi: Kalau PDIP Dapat 4, yang Lain 2, Kan Udah Banyak
Jawab Megawati soal Menteri, Jokowi: Kalau PDIP Dapat 4, yang Lain 2, Kan Udah Banyak
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Twitter/@jokowi TEMPO.CO,
Must read×

Top