Tendangan dan Kartu Merah Bikin Wasit Prancis Diskors 6 Bulan

In Olahraga 157 views
Wasit Prancis Tendang Pemain Nantes. (Foto: Youtube/YoutubiaTV)

Kontroversi sempat mewarnai kemenangan Paris Saint-Germain atas Nantes pada partai Ligue 1, 15 Januari 2018. Itu bukan menyoal gol tunggal Angel Di Maria, melainkan aksi dan keputusan wasit Tony Chapron. 

Cerita berawal ketika Chapron tersandung secara tidak sengaja oleh pemain belakang Nantes, Diego Carlos, pada masa injury time. Merespons insiden tersebut, Chapron sempat melayangkan tendangan kepada Carlos. Bahkan, ketika bola sudah keluar lapangan, Chapron mengganjar pemain asal Brasil itu dengan kartu kuning kedua plus kartu merah.

Chapron langsung meminta maaf satu hari setelah pertandingan. Kartu kuning buat Carlos juga dibatalkan. Hanya, kesalahan sang pengadil telanjur tercatat di laporan pertandingan.

Maka itu, Komite Disiplin Ligue de Football Professionnel (LFP) memberikan skors berdurasi enam bulan, tiga bulan di antaranya masih ditangguhkan, kepada Chapron. Hukuman tersebut berbanding lurus dengan permintaan Presiden Nantes Waldemar Kita. 

Baca Juga:  Diproduksi di Indonesia, Fans Malas Beli Jersey Timnas Malaysia

Sebelumnya, sang patron sempat mengkritik keputusan Chapron dengan kata-kata yang cukup keras.

“Ini adalah sebuah skandal dan amatir. Dia memberikan kartu merah kepada pemain yang tidak melakukan apa-apa. Dia perlu kembali ke sekolah dan harus mendapatkan skors selama enam bulan,” tutur Waldemar Kita kepada L’Equipe.

Setelah skors selesai, Chapron sendiri masih diizinkan memimpin pertandingan Ligue 1 atau Ligue 2. Namun, hukuman tersebut membuat kariernya berakhir lebih cepat. Sebab, sang pengadil telah merencanakan untuk pensiun setelah musim 2017/18 rampung.

Selama kariernya, sosok berusia 45 tahun itu sudah memimpin 432 pertandingan. Laga-laga itu dihiasi 1.506 kartu kuning, 42 kartu merah tidak langsung, dan 81 kartu merah langsung.

Baca Juga:  Meski Terlihat Seram, Pegulat Legendaris WWE Ini Terpilih Jadi Walikota

Girodins Bordeaux merupakan tim yang paling sering merasakan kepemimpinan wasit dengan lisensi FIFA itu, yakni sebanyak 42 kali. Total, Chapron memberikan 81 kartu kuning dan 6 kartu merah kepada pemain Bordeaux.

5 Pembelian Yang Tampil Mengecewakan di Pentas Premier League Musim Ini
5 Pembelian Yang Tampil Mengecewakan di Pentas Premier League Musim Ini
Logo baru Premier League 2016-17. Bola.com, Jakarta
Kalahkan Raja Super Series, Kevin/Marcus Puji Pemain Ganteng Ini
Kalahkan Raja Super Series, Kevin/Marcus Puji Pemain Ganteng Ini
INDOSPORT.COM – Ganda putra kebanggaan Indonesia, Kevin Sanjaya
Libas Wakil Denmark, Ahsan/Hendra ke Semifinal Hong Kong Open
Libas Wakil Denmark, Ahsan/Hendra ke Semifinal Hong Kong Open
Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan (belakang) dan
Hasil UEFA Nations League, Rekor Tanpa Kalah Perancis Berakhir
Hasil UEFA Nations League, Rekor Tanpa Kalah Perancis Berakhir
Daley Blind dan Antoine Griezmann berebutan bola
Must read×

Top