Pecinta Sepak Bola Wajib Tahu, Inilah 7 Fakta Unik Klub Top Eropa

In Featured, Olahraga 58 views
90min.com

Eropa menjadi salah satu dari kiblat sepak bola dunia. Selain memiliki liga-liga yang kompetitif, mereka juga didukung oleh infrastruktur yang sangat luar biasa. Tak heran jika Liga-liga Eropa memiliki fans yang paling banyak di dunia.

Lihat saja bagaimana Manchester United, Real Madrid dan Barcelona menjadi klub yang paling populer yang memilki penggemar hampir di seluruh negara. Berita-berita tentang klub-klub top Eropa selalu menjadi headline di setiap majalah.

Namun terlepas dari itu semua banyak fakta unik yang tak banyak orang tahun tentang klub-klub top tersebut. Penasaran?

1. Hanya ada 5 klub yang memiliki trofi original Liga Champions

worldsoccertalk.com

Ajang Liga Champions merupakan kompetisi paling prestisius antar klub di Eropa. Setiap klub bermimpi untuk mampu menjuarai ajang yang satu ini. Namun tahukah kamu jika trofi liga Champions sekarang itu hanyalah replikanya saja, sedangkan yang originalnya disimpan oleh UEFA.

Tetapi saat ini ada 5 klub yang memiliki trofi original dari Liga Champions. Hal tersebut karena aturan yang berlaku dari tahun 1968-2009 menyebutkan jika klub yang mampu menjuarai Liga Champions sebanyak 5 kali maka berhak menyimpan trofi aslinya. Aturan kedua adalah klub berhak menyimpan trofi aslinya jika mampu menjuarai Liga Champions sebanyak 3 kali secara berturut-turut.

Lima klub yang memiliki trofi asli liga Champions tersebut adalah Real Madrid, Ajax Amsterdam, Bayern Munchen, AC Milan dan terakhir adalah Liverpool saat berhasil menjuarai Liga Champions 2005 yang merupakan gelar kelima mereka.

2. Roman Abramovich awalnya akan mengambil alih Tottenham Hotspur, bukan Chelsea

thesun.co.uk

Seperti yang sudah banyak orang tahu, Chelsea mulai bertransformasi menjadi salah satu klub top Eropa saat diambil alih oleh Roman Abramovich. Dengan gelontoran dana yang tak terbatas, Abramovich merubah Chelsea menjadi klub yang haus gelar.

Namun sebelum itu sebenarnya sang pengusaha asal Russia itu akan membeli klub London lainnya, Tottenham Hotspur. Tetapi Sven-Goran Eriksson yang memiliki kedekatan dengan Abramovich kemudian menyaranknnya untuk mengambil Chelsea daripada The Spurs.

Pada saat itu Eriksson berasalan bahwa untuk merubah Chelsea menjadi juara hanya diperlukan mengganti separuh pemainnya, sedangkan bagi Tottenham Hotspur harus dirubah keseluruhannya. Abramovich pun kemudian mengambil alih Chelsea.

Baca Juga:  Panitia Piala Presiden 2018 Untung Rp 9 M, PSSI Dapat Rp 5 M

3. Inter Milan pada awalnya adalah bagian dari AC Milan

90min.com

Kota Milan memiliki dua klub hebat yaitu AC Milan dan Inter Milan, dan tahukakh kamu sebenarnya pada awalnya mereka adalah satu. AC Milan dibemtuk pada tahun 1899 oleh dua orang asal Inggris. Namun pada tahun 1908 kemudian terjadi pemisahan dan lahirlah Inter Milan pada tanggal 9 Maret.

Alasan dibalik pecahnya mereka adalah karena AC Milan tidak ingin diisi oleh pemain asing diluar Italia. Sehingga kemudian mereka memisahkan diri dan membentuk Inter Milan yang menerima pemain asing.

Seiring majunya jaman pun kini AC Milan pun menerima untuk diisi oleh pemain-pemain non-Italia. AC Milan dan Inter Milan pun kini menjadi salah satu klub tersukses Italia dengan total trofi Seri A yang sama, yaitu 18 gelar.

4. Nottingham Forrest, mantan juara Liga Champions yang kini terdepak ke kompetisi kasta rendah

90min.com

Dalam sejarah Liga Champions sejak digulirkan, kompetisi ini telah dimenangi oleh 22 tklub yang berbeda. 5 Diantaranya berasal dari Inggris, mereka adalah Manchester United, Liverpool, Chelsea, Aston Villa dan Nottingham Forrest. Mungkin dua nama terakhir tak banyak orang yang tahu jika mereka merupakan mantan juara liga Champions, bahkan Nottingham Forrest pernah menjuarainya sebanyak dua kali.

Namun sayangnya nasib Nottingham Forrest dan Aston Villa kini tak sebaik dulu. Mereka kini menjadi klub yang berkompetisi di kasta kedua Liga Inggris. Mereka sudah lama tak merasakan kompetisi top Eropa bahkan kasta utama Liga Inggris.

5. FC Barcelona, FC Basel dan FC Zurich lahir dari satu orang yang sama

badische-zeitung.de

Nama Joan Gamper merupakan nama yang sangat penting dalam sejarah Barcelona. Dialah orang yang mendirikan Barcelona. Gamper sendiri berasal dari Swiss, dan saat itu merupakan pemain sekaligus kapten FC Basel.

Tahun 1988 dia pergi ke Barcelona untuk mengunjungi pamannya, Emili Gaissert. Dia pun kemudian jatuh cinta dengan kota Catalan dan tingga lebih lama lagi di kota tersebut. Pada tanggal 22 Oktober 1899 Joan Gamper kemudian membentuk sebuah klub dengan nama FC Barcelona.

Baca Juga:  3 Pemain Bintang Manchester United Ini Layak Digaji Lebih Besar

Dia bermain untuk Barcelona pada tahun 1899 dan 1903 dan kemudian menjadi presiden klub pada tahun 1908. Uniknya adalah Joan Gamper juga merupakan pendiri klub FC Basel dan FC Zurich.

6. Anfield aslinya adalah kandang Everton

theanfieldwrap.com

Kota Liverpool memiliki dua klub yang saling bersaing, yaitu Liverpool FC dan Everton. Liverpool sendiri menjadi salah satu klub tersukses Inggris dengan 18 trofi Liga Inggris dan 5 trofi Liga Champions. Mereka bermukim di Anfield stadium yang menjadi kandang kebanggaan mereka.

Namun uniknya adalah Anfield sendiri awalnya merupakan kandang bagi Everton yang dimulai pada tahun 1884, bahkan Everton merenovasi stadion tersebut menjadi standar yang diharuskan pada saat itu dengan 20.000 kursi penonton. Stadion ini juga menjadi saksi Everton mendapatkan gelar Liga Inggris pertamanya pada musim 1890-1891.

Namun kemudian terjadi konflik politik antara presiden Everton saat itu, John Houlding dengan komite Everton yang mengakibatkan Everon pergi meninggalkan Anfield dan mendiami stadion Goodison Park. Akibat dari perseteruan ini sendiri kemudian John Houlding mendirikan sebuah klub baru bernama Liverpool FC dan menjadikan Anfield kandang mereka hingga saat ini.

7. Real Madrid didirikan oleh dua orang bersaudara asal Catalan

thesun.co.uk

Rivalitas Madrid dan Barcelona merupakan salah satu rival terpanas dalam sepak bola. Tak hanya melibatkan gengsi siapa klub terbaik di tanah Spanyol, tetapi melibatkan juga aspek politik antara Catalunya dan ibu kota Spanyol Madrid.

Namun terlepas dari itu semua, terdapat sebuah fakta unik bahwa Real Madrid didirikan oleh dua orang bersaudara yang berasa dari Catalan. Mereka adalah Juan Padros Rubio dan Carlos Padros Rubio. Mereka adalah saudara kandung asal Catalan yang tinggal di kota Madrid dan memiliki sebuah toko.

Mereka secara aktif terlibat dalam sepak bola yang sedang berkembang di Spanyol tahun 1902, ruang belakang toko mereka menjadi tempat klub pertama Real Madrid. Juan terpilih menjadi presiden klub pertama dan dia digantikan oleh saudaranya Carlos. Adalah Carlos yang memainkan peran penting dalam membentuk Copa del Rey dan dia juga merupakan wasit untuk final pertama di tahun 1902.

Mengungkap Jimat-jimat Pemain Bola Dunia
Mengungkap Jimat-jimat Pemain Bola Dunia
Piala Dunia Denmark vs Australia. ©REUTERS Merdeka.com
Siapakah yang Berlari Paling Cepat di Piala Dunia 2018? 
Siapakah yang Berlari Paling Cepat di Piala Dunia 2018? 
Siapakah yang Berlari Paling Cepat di Piala
Prediksi Iran Vs Portugal: Partai Hidup Mati
Prediksi Iran Vs Portugal: Partai Hidup Mati
Prediksi Iran vs Portugal (Liputan6.com/Trie yas) Liputan6.com,
Argentina Tumbang, Dua Pemain Baku Hantam?
Argentina Tumbang, Dua Pemain Baku Hantam?
Argentina Tumbang, Dua Pemain Baku Hantam? –
Must read×

Top