Hasil Pertandingan Liga Champions Match Day 4 – 4/5 November 2014

Liga Champions matchday 4 hari pertama sudah selesai digelar. Inilah hasil pertandingan Liga Champions yang berlangsung pada tanggal 4 November waktu setempat atau 5 November WIB. Untuk hasil pertandingan Liga Champions matchday 4 hari kedua bisa dilihat disini

Hasil Pertandingan Liga Champions Match Day 4 – 4/5 November 2014

Grup A: Juventus 3 – 2 Olympiakos

Juventus meraih kemenangan 3-2 atas Olimpiakos, pada pertandingan keempat Grup A Liga Champions, di Juventus Stadium. Dengan hasil itu Juventus duduk di posisi ketiga klasemen dengan nilai enam, sama dengan Olimpiakos di posisi kedua.

Juventus unggul lebih dulu melalui Andrea Pirlo pada menit ke-21. Dipercaya mengeksekusi tendangan bebas, Pirlo mengirimkan bola ke sudut kanan atas gawang dengan tendangan kaki kanan.

Olimpiakos merespons dengan menciptakan dua ancaman. Setelah tembakan Delvin Ndinga pada menit ke-22 terblok, Alberto Botia menyundul bola masuk gawang Gianluigi Buffon memanfaatan umpan Alejandro Domínguez pada menit ke-24.

Pada menit ke-61, Olimpiakos berbalik unggul 2-1 berkat sundulan Ndinga. Dengan kepalanya, Ndinga mengirimkan bola kiriman Giannis Maniatis ke sudut kiri atas gawang Juventus yang dikawal Gianluigi Buffon.

Sekitar empat menit setelahnya, Juventus menyamakan kedudukan, berkat gol bunuh diri kiper Roberto Gago, yang tidak mengantisipasi dengan baik tembakan Fernando Llorente yang membentur mistar.

Dalam waktu kurang dari satu menit, Juventus memulihkan keunggulan melalui Paul Pogba. Mengandalkan kemampuan individu, Pogba menaklukkan Roberto dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Grup A: Malmo FF 0 – 2 Atletico Madrid

Atletico Madrid menuai kemenangan atas Malmo pada lanjutan fase grup Liga Champions. Koleksi poin yang dimiliki Los Colchoneros sampai saat ini belum mencukupi untuk mengamankan tiket babak 16 besar. Bermain di Swedbank Stadium, Atletico unggul dua gol tanpa balas. Kedua tim tampil relatif imbang sepanjang pertandingan.

Atletico mendapatkan kesempatan untuk membuat gol di menit kelima. Mendapatkan umpan dari Gabi, Koke menembakkan bola ke tengah gawang Malmo. Kiper Malmo Robin Alsen menepis bola dengan baik.

Memasuki menit ke-13, gantian Malmo yang mendapatkan kesempatan membuat gol. Tapi tendangan jarak jauh Markus Hasti yang mendarat ke ke sudut kiri bisa diamankan Miguel Moya.

Atletico akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-30. Koke yang mendapatkan umpan silang dari Juanfran mengarahkan bola ke sudut kiri gawang dan tak bisa ditepis kiper Atletico.

Sejak kebobolan, Atletico meningkatkan serangan ke arah tim tamu. Beberapa percobaan dibuat tapi tak juga berbuah gol hingga turun minum. Kedudukan tetap 1-0 untuk Atletico.

Memasuki babak kedua, gelandang Malmo Emil Forsberg yang menerima asist dari Erik Johansson mencoba menjebol gawang Atletico. Tapi, bola dihadang Miguel Moya.

Malmo menciptakan peluang lagi di menit ke-48. Mendapatkan umpan silang dari Erik Johansson, Anton Tinnerholm mengarhkan tendangan ke tengah gawang lawan. Tapi, Moya berhasil mengamankan gawang dengan baik.

Percobaan demi percobaan Malmo untuk membuat gol masih buntu. Di menit ke-78 Malmo malah kebobolan lagi. Sepakan kaki kanan Raul Garcia menggetarkan gawang Olsen. Kedudukan 2-0 untuk Atletico.

Empat menit kemudian Atletcio kembali mendapatkan kesempatan untuk menambah gol lewat sepakan Antoine Griezman. Tapi, bola diblok oleh Olsen.

Kedudukan tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang. Atletico unggul 2-0 atas tim tuan rumah.

Kemenangan itu membuat Atletico menjadi pemuncak klasemen sementara Grup A dengan koleksi sembilan poin dari empat laga yang dilakoni. Atletico juga cukup produktif dengan surplus tujuh gol hingga saat ini.

Grup B: Basel 4 – 0 Ludogorets

Basel melewati perolehan poin Liverpool di klasemen Grup B Liga Champions setelah sukses menaklukkan Ludogorets Razgrad dengan skor 4-0.

Babak I

Basel bermain menekan sejak dimulainya laga. Kans pertama untuk unggul bahkan tercipta ketika laga baru berumur dua menit.

Salah satu pemain Basel berhasil melepas tendangan, namun bola hanya mengenai mistar dan kiper Stoyanov bisa membuat penyelamatan.

Di menit 16, Ludogorets kehilangan salah satu pemain terbaik mereka, Cosmin Moti, karena masalah cedera, menyusul tabrakan dengan pemain Basel. Sempat bermain lagi, Moti akhirnya meminta diganti di menit 20.

Ludogorets sempat memberikan ancaman di menit 26, tapi tak sampai memaksa kiper Vaclik mengambil bola dari gawangnya setelah mengamankan bola kiriman Alexandrov.

Di menit 35, Basel bisa membuka keunggulan setelah Breel Embolo tak kesulitan memaksimalkan kesempatan di depan gawang Ludogorets dengan tendangannya.

Skor 1-0 hanya bertahan lima menit setelah Derlin Gonzalez menggandakan keunggulan. Pemain Basel itu mendapat kartu kuning karena selebrasi golnya.

Sebelum turun minum, Vaclik kembali membuat penyelamatan penting dengan menghalau tendangan Mihail Alxandrov.

Babak II

Basel masih mendominasi jalannya laga dan di menit 58, keunggulan tim tuan rumah bertambah lewat gol Gashi.

Keunggulan itu membuat Basel bermain lebih lepas, sementara Ludogorets panik untuk bisa segera membalas gol. Situasi ini semakin menguntungkan tim tuan rumah untuk mempertegas kemenangan mereka.

Di menit 64, Marek Suchy melesakkan gol keempat Basel di laga ini dan memastikan keunggulan timnya. Tak ada gol lain tercipta di pertandingan ini dan Basel meraih tiga angka penuh.

Grup B: Real Madrid 1 – 0 Liverpool

Real Madrid mengalahkan Liverpool dengan skor tipis 1-0 di matchday 4 Liga Champions. Kemenangan tipis tersebut sudah cukup untuk meloloskan Los Blancos ke babak 16 besar. Pada pertandingan di Santiago Bernabeu, Madrid menurunkan hampir semua pemain terbaiknya. Gareth Bale yang sempat absen beberapa pekan kembali tampil meski sebagai pemain pengganti.

Di kubu Liverpool, manajer Brendan Rodgers membuat banyak perubahan di starting line-up timnya. Tak ada nama Steven Gerrard, Jordan Henderson, Mario Balotelli, Philippe Coutinho, Raheem Sterling, dan Dejan Lovren di daftar starter.

Madrid tampil sangat dominan pada pertandingan ini. Mereka unggul penguasaan bola 60:40 serta membuat 27 percobaan mencetak gol dan sembilan di antaranya mengarah ke gawang. Liverpool cuma membalas lewat empat tembakan dan satu yang tepat sasaran.

Satu-satunya gol Madrid tercipta pada babak pertama. Gol Karim Benzema tersebut cukup untuk meloloskan Madrid dari fase grup.

Madrid kini memuncaki klasemen Grup B dengan koleksi 12 poin dari empat pertandingan dan telah dipastikan lolos.

Grup C: Zenit St. Petersburg 1 – 2 Bayer Leverkusen

Bayer Leverkusen memuncaki klasemen Grup C setelah menumbangkan Zenit St Petersburg dengan skor 2-1 di Petrovski Stadium.

Dengan tambahan tiga angka usai kemenangan tersebut, Leverkusen meraih sembilan poin, unggul empat angka dari rival terdekat mereka, AS Monaco, yang masih harus menghadapi Benfica.

Kans Leverkusen melenggang ke babak berikutnya juga terbuka lebar. Setidaknya satu hasil imbang di laga berikutnya bisa membawa wakil Bundesliga Jerman itu lolos ke 16 besar.

Sementara bagi Zenit, kans lolos ke fase gugur pertama masih terbuka asal bisa memetik dua kemenangan di dua laga tersisa. Saat ini Zenit mengantungi empat angka dari sempat laga.

Babak I

Kedua tim memulai laga dengan tempo tinggi. Baik Zenit mau pun Leverkusen sama-sama bermain terbuka dan berusaha unggul cepat.

Di menit 13, tendangan bebas Hulk di nyaris saja berbuah gol. Bola hanya mampir di tiang gawang Bernd Leno dan langsung disapu keluar.

Sementara kans tim tamu diciptakan Karim Bellarabi, di mana bola sodoran Stefan Kiessling ditendangannya dan arahnya melebar.

Aleksander Kerzhakov menjadi pemain berikutnya yang mengancam gawang Leverkusen. Namun bola hasil sepakannya di menit 21 mengarah tepat ke pelukan Leno.

Kerzhakov membuang peluang lain di babak pertama, yang membuatnya mulai tertekan sendiri. Hal yang sama dilakukan tim tamu dengan kans terbaik diciptakan Kiessling melalui tendangan yang diblok Nicolas Lombaerts.

Babak II

Pergantian pemain dilakukan kedua tim untuk menambah daya gedor di paruh kedua. Zenit memang bisa menekan lebih banyak, tapi Leverkusen lebih efektif dalam memaksimalkan peluang.

Son Heung-min yang berhasil membuka keunggulan sekaligus memecah kebuntuan Leverkusen dalam urusan mencetak gol dengan tendangan melengkungnya di menit 68, setelah sebelumnya terjadi kerja sama apik antara Bellarabi dan Hakan Calhanoglu.

Empat menit kemudian, giliran kerja sama apik Kiessling dan Lars Bender yang mengawali terciptanya gol kedua Son, yang melesakkan bola dengan sontekannya.

Zenit berusaha membalas dengan terus menekan pertahanan Leverkusen, yang bermain lebih tenang setelah Son mencetak gol keduanya. Zenit menuai hasil dari usaha mereka.

Jose Rondon menjadi pencetak gol buat Zenit dengan tendangannya jelang laga berakhir, yang terbukti golnya tak banyak membantu mengubah hasil di papan klasemen Grup C.

Grup C: Benfica 1 – 0 Monaco

Gol telat yang dilesakkan Talisca menjadi penentu kemenangan Benfica atas AS Monaco pada matchday keempat fase grup Liga Champions.

Kemenangan itu membuka kans Benfica untuk terus bermain di kompetisi antarklub Eropa di sisa musim ini, termasuk lolos ke 16 besar Liga Champions

Babak I

Tampil di hadapan pendukung sendiri yang memadati Stadium of Light, Benfica memiliki sejumlah kesempatan untuk unggul sejak awal laga. Aksi Gaitan di menit kelima termasuk di antaranya, yang mana kesempatan tersebut digagalkan Subasic.

Dua menit berselang, Talisca mendapat sodoran bagus dari Eduardo Salvio, tapi tak bisa melesakkan bola ke gawang.

Raggi membuat penyelamatan penting di menit 15 dengan menghalau bola jauh dari sergapan Derley. Sementara peluang balasan di menit 23 tak bisa dituntaskan Traore.

Di menit 39, Cesar membuat penyelamatan bagus dengan mentip bol kiriman Kurzawa. Sementara Raggi juga melakukan aksi serupa dengan memblok bola tendangan Gaitan.

Babak II

Kurzawa nyaris memecah kebuntuan di menit 50 dengan sundulan menyambut umpan Fabinho. Hanya saja arah bola masih melebar dari gawang.

Sedangkan Subasic membuat penyelamatan bagus di menit 52 dengan membendung bola tendangan Talisca. Cesar tak ketinggalan melakukan aksi bagus dengan menyelamatan bola tendangan Almeida. Penyelamatan berikutnya terjadi di menit 60 kala Cesar bereaksi tepat untuk menghalau tendangan Carrasco.

Tendangan Gaitan beberapa menit kemudian masih melintas di atas mistar gawang, sementara sundulan Carvalho juga belum pas.

Baru di menit 82 Talisca bisa memecah kebuntuan dengan melesakkan bola kiriman Derley. Benfica unggul 1-0.

Monaco bergegas melakukan serangan balasan di sisa waktu yang ada, tapi tiga angka pada akhirnya tetap menjadi milik Benfica, yang kini sudah mengoleksi empat angka, masih tertinggal satu pon dari Monaco di posisi dua.

Grup D: Arsenal 3 – 3 Anderlecht

Arsenal batal memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Sempat unggul 3-0 saat menjamu Anderlecht, The Gunners menyudahi laga dalam kedudukan imbang 3-3. Bermain di Emirates Stadium, Arsenal sepertinya akan meraih kemenangan meyakinkan dan sekaligus menggenggam tiket ke fase knock out. Skuat besutan Arsene Wenger unggul 2-0 di babak pertama dan memperlebar keunggulannya jadi 3-0 di awal babak kedua.

Namun gol-gol yang dibuat Mikel Arteta, Alexis Sanchez dan Alex Oxlade-Chamberlain ternyata tak mampu memberi Arsenal kemenangan. Anderlecht dengan gagah berani mengejar ketertinggalannya dan pada akhirnya bisa mencetak tiga gol balasan yang memaksa laga tuntas dengan skor 3-3, termasuk yang dibuat Aleksandar Mitrovic di menit 90.

Kemenangan atas Anderlecht sejatinya akan mengantar Arsenal lolos ke babak 16 besar. Namun karena cuma dapat satu poin maka ‘Gudang Peluru’ masih harus menunggu pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Grup D: Borussia Dortmund 4 – 1 Galatasaray

Borussia Dortmund memastikan diri lolos ke fase knockout. Memainkan laga keempat babak grup, Dortmund memetik kemenangan telak atas tamunya, Galatasaray, dengan skor telak 4-1.

Pada pertandingan di Signal Iduna Park, Marco Reus membawa Dortmund unggul 1-0 hingga paruh pertama. Sokratios Papastathopoulus menggandakan skor di awal babak kedua sebelum Hakan Balta memperkecil skor Galatasaray.

Ciro Immobile yang masuk menggantikan Reus membawa Dortmund kembali menjauh sebelum gol bunuh diri bek Galatasaray Semih Kaya melengkapi kemenangan tim tuan rumah.

Dengan kemenangan ini, Dortmund berhasil mengamankan tiket perdelapafinal setelah mengoleksi 12 poin dari empat pertandingan, unggul lima poin dari rival terdekatnya Arsenal dengan dua sisa laga grup.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Olahraga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s