Duty Manager Lion Air Ngamuk, Tantang Calon Penumpang Yang Komplain

Kejadian tidak mengenakkan terjadi di Terminal 1 A Bandara Soekarno Hatta pada Kamis pagi, 16 Oktober 2014. Para penumpang Lion Air tujuan Yogyakarta, yang dijadwalkan terbang pada pukul 07.30 WIB ditolak check-in. “Mohon maaf, counter check-in sudah ditutup,” ujar Alviany, salah satu petugas yang melayani check-in. Penumpang pun mengajukan komplain kepada Duty Manager Dodi Andriyansyah yang berada di lokasi tersebut.

Duty Manager Lion Air Ngamuk, Tantang Calon Penumpang Yang Komplain

Dodi menawarkan penerbangan dijadwal ulang pada hari berikutnya. Tawaran tersebut ditolak oleh para penumpang dan terjadilah keributan. Dengan nada menantang dan mengepalkan tangan kanannya, Dodi berteriak kepada penumpang yang ingin mencari solusi atas kegagalan penerbangannya.

“Apa lo? Emang gue takut ama lo?,” teriak Dodi sambil mengintimidasi para penumpang. Rekan-rekan Dodi segera melerai. Mereka memegangi tubuh Dodi. Pria ini pun diamankan ke tempat lain.

Alasan Penolakan Check-in Tidak Masuk Akal

Salah seorang penumpang yang diajak ribut Duty Manager Lion Air adalah Andre. Dia mengaku tak percaya protes penumpang bisa berujung ajakan untuk duel. “Dia ngajakin saya berantem,” ungkap Andre.

Andre mengaku sudah antre check in pukul 06.30 WIB, namun sekira pukul 06.55 petugas Lion Air menutup loket check in dengan alasan sistem sudah tidak menerima data. Para penumpang, termasuk Andre kemudian mendatangi kantor Lion Air di lantai dua Bandara Soekarno Hatta.

“Kita tanya bagaimana solusinya, dia jawab sudah tidak bisa. Solusinya penumpang disuruh berangkat besok. Itu kan solusi yang enggak masuk akal,” lanjut Andre.

Aji Nurohmah, calon penumpang lainnya, mengatakan, “Dibilangnya saya terlambat, padahal ada penumpang di depan yang lama sekali check-in ‘trouble’ dan ‘seat’ penuh,”. Aji menceritakan dia sudah datang jam 06.00 WIB ke konter check-in, namun antrean sudah panjang. Tiba giliran Aji, pukul setengah tujuh kurang, dia diberitahu kalau tidak bisa naik.

Seorang calon penumpang, Vidi, mengatakan penumpang Lion Air yang sesuai jadwal berangkat pukul 07.30 WIB, malah disuruh pulang dan diminta kembali besok. “Penumpang marah, eh Duty Manager-nya malah ngajak berantem. ‘Sini maju lu, emang gue takut sama lu‘,” kata Vidi menirukan pernyataan Dodi Andiansyah ke penumpang.

Vidi mengatakan, petugas Lion Air menyuruh penumpang pulang dengan alasan kursi pesawat untuk ke Yogya baru tersedia besok. Alasan lainnya, petugas Lion mengganggap penumpang yang sudah antre satu jam terlambat. “Padahal penumpang telat karena antre panjang. Aku ngerasa ini masalah biasa saja, yang luar biasa itu managernya ngamuk ngajak berantem karena penumpang protes. Aku bengong karena enggak nyangka,” ungkap Vidi sambil tertawa.

Calon Penumpang Menduga Tiket Dijual Ke Calo

Beberapa penumpang melihat pihak Lion Air menjual tiket saat jam penerbangan yang sama kepada penumpang lain dengan harga melambung.

“Tidak mungkin kalau penuh, malahan saya tadi ditawari calo,” kata Aji Nurohman.

“Ini kursinya sudah penuh, tiketnya dijual-jualin lagi ke calo nih, jadi kita enggak dapet kursi kita,” tambah Andre.

Kekerasan Pada Calon Penumpang Lion Air Bukan Yang Pertama Kali

Ternyata kasus ini bukan yang pertama kali. Dilansir media Tempo.co, pada Maret 2014, Andi Zulfikar, penumpang maskapai Lion Air, mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari petugas Lion Air.

Andi dipukuli oleh petugas Lion Air di pintu 5 Bandar Udara Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, sekitar pukul 16.50 Wita. Keduanya sempat cekcok karena Andi tidak diperbolehkan masuk menuju pintu keberangkatan karena sudah terlambat. Namun, dia merasa namanya masih dipanggil-panggil sehingga masih sempat mengejar ketertinggalan.

Direktur Umum Lion Air: Saya Akan Cek dan Investigasi

Saat dikonfirmasi, Direktur Utama Lion Air Edward Sirait mengatakan akan menginvestigasi kasus ini. “Saya akan cek dan investigasi. Kalau terbukti (kecurangan), saya akan berhentikan semua petugas yang bertugas pagi ini,” kata Edward.

Iklan

17 Komentar

Filed under Umum

17 responses to “Duty Manager Lion Air Ngamuk, Tantang Calon Penumpang Yang Komplain

  1. bowocorah

    saya juga pernah ribut sama yg namanya Dodi. Waktu itu mau saya ajak duel, tapi di cegah sama penumpang lain. Hahahaha Dod, kalau lu merasa sudah jagoan, saya teriama tantangan elu kapan saja. Tunggu, gua mau naik pesawat lu lagi. Skali lg lu nantang, dua ladeni. jangan lari kamu ya. Lion Air pecat tuh ‘bajingan’ tengik kayak dodi. Kasihan nama baik Lion.

    Suka

  2. lion air sungguh g punya manner sama penumpang!perbaiki dong sistemnya, jgn cm dandanan pramugarinya aj yg menor..

    Suka

  3. Pengalaman transit di Bandara Soeta dari SIngapore ke Jogja, petugas LION air ngajak muter2 penumpang dulu, gak taunya minta tip. Eh sudah di pesawat, serasa naik Metomini, panas sekali suhu udaranya. Cukup sudah naik LION air. Kapok.

    Suka

  4. fung

    Memang ancur banget ada karyawan gitu,mending pecat aja……sampah.

    Suka

  5. den koplax

    Persis banget kejadian yang nimpa wa ama rombongan,rute sam cgk-jog tgl 22sept..dah cek in o.l,pilih kursi o.l tetep aja g bisa terbang cuuk

    Suka

  6. santoso

    Ia dong, sama saya juga pernah dapat perlakuan yang sama dengan alasan cek in terlambat pada masih dalam waktu antrian cek in. Ayo kita tinggalkan lagi lion air tuh, kalau sudah kagak ada penumpang mau terbang apa dia

    Suka

  7. bang J

    lion itu jual jasa bukan jual barang, pelayanan yang baik berarti perusahaan akan semakin berkembang, apabila ada oknum pegawai yang demikian umpama gua di anugerahi jabatan dirut lion air akan langsung saya tindak lanjuti dan apabila terbukti langsung saya pecat anak buah kurang ajar seperti itu..

    Suka

  8. Charis

    sy juga pernah mengalami hal yg sm.
    dengan alasan (sudah tidak bs check-in)
    kagak tauny, tiketny di jual ke CALO.
    taik anjing lah ini LION AIR.
    najisssssssss dehhhhhhhhhhh klo naik LION AIR.
    baru pertama kali naik maskapai LION AIR, malah dapat pelayanan yang sangat BURUK!!!!!!!!

    Suka

  9. Emira

    anak saya pernah naik Lion Air ke Denpasar, pesawat nya terbang nya ugal2an,sampe anak saya ketakutan,mperasaan kalo naik pesawat lain ke denpasar biasa aja,palingbyaa sedikit turbulance,biasa lah itu. saya juga udah ngga mau lagi naik Lion Air.

    Suka

  10. Gak tau ya sudah banyak komplen kayak gini manageman lion air kayaknya kok gak ada inisiatifd untuk perbaikan….

    Suka

  11. si koncet

    percuma ada jabatan direktur kalo sama kecoa yang nyata2 merugikan nama baik perusahaan dgn melakukan kecurangan dan sudah terkesan dengan kelakuan duty manager yg bertugas hari itu..

    Suka

  12. Colada

    diganti aja namanya jadi LION KING…..!!!!!!hahahahahahahhahahasyuuuu…….!!!!!

    Suka

  13. Andree

    Lontong Isi ONcom

    Suka

  14. aRSI aNGGRAINI

    Jika ada manager untuk pelayanan publik dan cari duit dari cutomer….berperilaku seperti itu …merugikan perusahaan……lek aku yang ditantang langsung tak ajar dan laporin bos……..untung ngg dinasd di Jogya…….tak datangi …PASTI

    Suka

  15. Lady Bee

    udah doain aja lion air biar bangkrut… gulung tiker… biar si dodi luntang lantung ga punya kerjaan…

    Suka

  16. desy

    saya rombongan 3 org td penerbangan lombok-surabaya jam 08.40 saya check in jam 07.45 trs diterima baru jm 8.10 krna antrian bagasi byk ech petugas nya lngsung blng udh close krna wktu check in 45 menit sebelum ny trs saya dilempar ke bagian conter lion untuk minta ijin untuk bs check in tryta g bsa jg akhirnya kami beli tiket yg harganya sgt mahal klo pas hri nya

    Suka

  17. joe

    Saya juga dapat perlakuan yg sama rute DPS-PNK 1 jam sblum boarding cek in sudah ga bisa dan petugasnya bilang “kami sudah tidak bisa berbuat apa2, silahkan bapak beli tiket baru ” padahal saya dlu pernah naik GA 15.mnt sblum boarding mash bisa cek in…. asssuuu

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s